Sekolah Teladan Mengawali Kegiatan Pertamanya dengan Kegiatan Ta’aruf Teladan Ceria

Selasa, 17 Juli 2018 menjadi hari yang paling ditunggu-tunggu. Di hari pertama sekolah, para siswa Sekolah Teladan Yogyakarta diajak untuk melakukan kegiatan Ta’aruf Teladan Ceria atau TTC. Kegiatan ini diadakan dalam rangka memperkenalkan para siswa dengan lingkungan yang ada di Sekolah Teladan Yogyakarta. Mulai dari perkenalan para civitas sekolah sampai dengan lingkungan yang ada di sekolah ini. Kegiatan TTC diikuti siswa KB-TK Teladan dan SD Teladan Yogyakarta yang berjumlah 424 siswa. Mereka mengikuti kegiatan TTC dengan penuh semangat. Sesuai jadwal, TTC berlangsung selama 4 hari. Dimulai hari Selasa, 17 Juli 2018 sampai dengan Jum’at, 20 Juli 2018.

Kegiatan TTC untuk siswa KB-TK Teladan Yogyakarta berlangsung pada pukul 07.30-10.00 WIB. Sedangkan untuk siswa SD Teladan Yogyakarta berlangsung pada pukul 07.30-12.30 usai sholat Dzuhur berjama’ah. Hari pertama para siswa ke sekolah, terlihat raut wajah mereka yang ceria. Begitu juga para wali murid tampak senang mengantarkan anak mereka ke sekolah yang memiliki ekstrakurikuler kuda dan panahan ini.

Tepat pukul 08.00 WIB, siswa KB-TK dan SD Teladan Yogyakarta berkumpul di lapangan SD guna pembukaan kegiatan TTC. Dengan dipandu langsung oleh Pak Dica dan Bunda Arifah sebagai MC. Bunda Santy Roosita P, S.Pd selaku Kepala Sekolah DC, KB, TK Teladan dan Bapak Lutfi Hakim, M.Pd selaku Kepala Sekolah SD Teladan Yogyakarta memberi pengarahan untuk para siswa Sekolah Teladan Yogyakarta. Pengarahan yang disampaikan adalah penanaman rasa saling menyayangi dan menghormati. Harapannya adalah siswa yang lebih tua dapat menyayangi adik-adik kelas. Begitu juga dengan siswa yang lebih muda juga dapat menghormati kakak-kakak kelas.

Barulah dilanjutkan dengan kegiatan TTC, antara KB-TK dan SD Teladan Yogyakarta memiliki kegiatan masing-masing dengan dipandu oleh guru pendamping yang telah ditentukan sebelumnya.

TTC Siswa Baru KB-TK Teladan Yogyakarta

Sebelum berkumpul di lapangan SD Teladan, para siswa KB Teladan diajak berkenalan dengan para guru yang akan menjadi pendamping. Sedangkan para siswa TK diajak untuk berbaris rapi di playground. Mereka dipandu oleh guru pendamping untuk bersama-sama menyanyikan lagu yang berjudul “Hari Ini Hari Pertamaku”. Setelah pembukaan di lapangan SD Teladan, para siswa KB-TK Teladan Yogyakarta diajak berkeliling lingkungan sekolah. Para guru pendamping KB-TK Teladan memberi aba-aba untuk membentuk barisan “make a train”. Para siswa diperkenalkan dengan lokasi depan Masjid Al Uswah yang menjadi satu kawasan dengan Sekolah Teladan Yogyakarta. Kemudian melewati parkir depan sekolah dilanjutkan menuju pos satpam depan dan menuju ke kandang kuda.

Ketika menuju kandang kuda, para siswa KB-TK Teladan Yogyakarta langsung disambut oleh empat ekor kuda poni. Kuda poni warna cokelat rupanya berada di luar kandang yang dijaga oleh Pak Arsya. Beberapa siswa KB-TK Teladan Yogyakarta mencoba berkenalan dengan kuda poni tersebut dengan cara membelai bagian punggung si Cokelat. Lalu di mana tiga ekor kuda poni yang lainnya? Tenang, kuda poni berwarna putih ada di dalam kandang. Para siswa KB-TK Teladan Yogyakarta tidak sekadar berkenalan dengan melihat atau membelai kuda poni. Mereka juga diperbolehkan untuk memberi makan langsung kuda-kuda poni yang tampak lapar dengan jarak yang tidak terlalu dekat. Hampir semua siswa baru KB-TK Teladan Yogyakarta mengambil tanaman kacang untuk diberikan langsung ke kuda poni. Rupanya, si Poni, Cica, dan Rembo yang ada di kandang sedang lapar, terlihat setiap kali ada siswa yang mengulurkan tanaman kacang, maka langsung dikunyah oleh si kuda.

Kegiatan TTC KB-TK Teladan Yogyakarta kemudian terpisah sesuai dengan kelasnya. Dilanjutkan dengan cuci tangan dan para siswa diperbolehkan untuk bermain di dalam kelas maupun playground. Kemudian anak-anak diarahkan kembali untuk mencuci tangan karena sudah masuk waktu “snack time”. Pisang goreng yang di bagian atasnya terdapat cokelat cair menjadi menu snack time mereka pada TTC hari pertama ini. Sebelumnya, para siswa diajak berdoa sebelum makan menu sehat yang telah disiapkan tersebut. Para siswa menikmati di kelas masing-masing dan diakhiri dengan doa sesudah makan. Dalam kegiatan TTC ini juga berlangsung perkenalan guru pendamping TK Teladan Yogyakarta yang berlangsung di playground.

Sampailah pada akhir kegiatan TTC hari pertama di Sekolah Teladan Yogyakarta untuk siswa KB-TK Teladan Yogyakarta. Mereka berada di kelasnya masing-masing dan dipandu guru pendamping membaca doa sebelum pulang.

TTC Siswa Baru SD Teladan Yogyakarta

Para siswa SD Teladan Yogyakarta mengikuti pembukaan di lapangan SD yang kemudian dilanjutkan ke kelas masing-masing dengan pembuatan name tag. Masing-masing siswa diperbolehkan berkreasi sesuai imajinasi. Barulah kegiatan TTC diisi dengan “Game Ta’aruf”. Mulai dari menyanyikan mars “Teladan”, jargon TTC, membuat yel-yel dan menyanyikannya untuk menambah semangat para siswa. Kegiatan TTC siswa SD Teladan Yogyakarta juga dijeda dengan snack time. Masuk pukul 10.00 WIB para siswa diajak berkeliling lingkungan sekolah. Dengan didampingi oleh guru, mereka dibagi secara berkelompok untuk melakukan kegiatan user education. Di sini, para siswa diajak supaya lebih mengenal lingkungannya, baik teman, guru, karyawan, maupun tempat-tempat yang ada di sekolah beserta fungsinya.

Menuju siang, kegiatan TTC hari pertama yang lumayan panjang membuat para siswa sudah merasa lapar. Ketika jam menunjukkan pukul 11.00 WIB, tibalah waktu makan siang. Barulah kegiatan TTC SD Teladan Yogyakarta diakhiri dengan sholat Dzuhur berjama’ah dan doa penutup.

Alhamdulillah kegiatan TTC KB-TK dan SD Teladan Yogyakarta telah berlangsung dengan tertib dan lancar. Para siswa Sekolah Teladan Yogyakarta terlihat antusias dengan kegiatan yang diadakan oleh pihak sekolah. Begitu juga dengan para guru KB-TK dan SD Teladan Yogyakarta yang penuh semangat mendampingi siswa didiknya.